Rabu, 06 Februari 2019

Analisis TroubleShooting Jaringan

TKJ, XI, troubleshooting, WAN, Nirkabel, wireless, penyebab

Hal Dasar Analisa Jaringan

Dalam penanganan suatu infrastruktur jaringan, tentunya seorang teknisi pernah mengalami suatu kerusakan jaringan baik ringan maupun berat. Untuk memudahkan dalam penanganan tentunya kita harus dapat menganalisa gejala kerusakan yang muncul, apakah berkaitan dengan Software atau Hardware tergantung gejala yang ada.

Faktor-faktor Penyebab Kerusakan Jaringan :

  1. Tegangan Listrik
  2. Kerusakan Perangkat Hardware Wireless
  3. Perangkat Software
  • Tegangan Listrik
Tegangan Listrik dapat menyebabkan gangguan pada perangkat wireless apabila tegangan yang dialirkan tidak stabil, Sering terjadi naik turun atau mati mendadak dari sumber listrik (PLN).
Dengan sumber listrik yang tidak stabil tentunya sangat mempengaruhi keawetan suatu perangkat dan berpotensi terjadinya konsleting perangkat disebabkan sumber arus listrik yang tidak stabil.

  • Kerusakan Perangkat Wireless
Pada kasus ini, salah satu faktor penyebab yaitu ganguan petir (gangguan alam). Faktor alam seperti petir, hujan, dan gangguan alam lain dapat menyebabkan perangkat terbakar atau konsleting karena air. Selain itu pemakaian yang terlalu lama dengan tidak adanya perawatan (maintance) secara berkala akan sangat mempengaruhi kondisi perangkat yang digunakan.

  • Perangkat Software
Faktor lain yang juga mempengaruhi error jaringan adalah gangguan yang terjadi pada sisi server atau PC client. gangguan ini dapat terjadi karena tidak berjalannya Operating System (OS) pada perangkat wireless misal : mikrotikOS, Cisco dll.
Terjadinya konflik IP address antar perangkat, tidak berjalannya proses proxy server pada server dan masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi kerusakan dari sisi Perangkat Software.
Dalam penyelesaian ini, seorang administrator jaringan harus menguasai standar server dan client pada jaringan yang terpasang.

2 komentar:

  1. Kerusakan jaringan memang kebanyak disebabkan oleh tegangan listrik. Sy mengalami beberapa kali Gan. Sangat bermafaat artikelnya.

    NGEBLOG YUK!

    BalasHapus
  2. Betul gan, ane sering nya konflik IP address jadi setting jaringan eror terus 😃

    BalasHapus